Biografi Singkat I Gusti Agung Ayu Ratih
Cari Berita

Advertisement

Biografi Singkat I Gusti Agung Ayu Ratih

Tuesday, September 12, 2017

I Gusti Agung Ayu Ratih, Ia adalah koordinator Institut Sejarah Sosial Indonesia yang telah memberi sumbangsih besar terutama dalam menyuarakan mereka yang terbungkam, mengutuhkan mereka yang perannya dibrangus di dalam sejarah. Agung Ayu Ratih juga banyak membangun sejarah dengan perspektif feminis.


Tahun 2010 Agung Ayu bersama Tim Advokasi Menentang Pelarangan Buku (AMPB) menggugat keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia yang melarang peredaran, penggandaan dan penyebarluasan buku "Dalih Pembunuhan Massal Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto" milik suaminya, John Roosa, profesor University of British Columbia (UBC), Kanada, dan Agung Ayu berhasil memenangkan perkara atas kasus itu.

"Bangsa Indonesia adalah entitas yang sepenuhnya duniawi. Pada saat proklamasi kemerdekaan rakyat kepulauan ini tidak dipersatukan oleh agama, suku bangsa, atau bahasa apa pun; mereka dipersatukan oleh pengalaman sejarah penindasan politik dan eksploitasi ekonomi; mereka berbagi komitmen untuk menciptakan masyarakat baru yang lebih demokratis, egalitarian dan sejahtera. Demokrasi tidak hanya dicapai di bidang politik, melalui pemilu, tetapi juga di bidang ekonomi. Baik Sukarno dan Hatta, misalnya, memperjuangkan ‘demokrasi ekonomi’ dan ‘sosialisme.’

Pancasila sepenuhnya merupakan pakta buatan manusia yang memberikan prinsip-prinsip acuan hidup bersama sebagai satu bangsa. Bangsa Indonesia adalah proyek masa depan, sesuatu yang sebelumnya tak ada tapi harus dibangun, misalnya melalui kampanye Pemberantasan Buta Huruf atau penyebarluasan penggunaan bahasa Indonesia. Inilah beberapa hal fundamental dalam nasionalisme Indonesia.

Kalau sekarang ada klaim bahwa entitas buatan manusia ini, yang diciptakan untuk tujuan kemanusiaan, harus menjadi rumah bagi ‘hukum Tuhan’, klaim itu salah alamat."